Header Ads

SANGGARBisnisOnline.Com

Bagaimana Cara Menerapkan Digital Marketing Ke Dalam Bisnis Anda


Berbicara tentang Digital Marketing dan cara  menerapkanya ke dalam bisnis yang sedang digeluti, sekarang ini jadi sudah mulai sadar, bahwa keberadaan Digital Marketing ini adalah sesuatu yang wajib dilakuk, baik oleh pelaku usaha online maupun pelaku usaha konvensional. Jika tidak maka usaha anda akan jalan ditempat dan semakin ketingalan dengan pelaku bisnis orang lain.

Sebenarnya digital marketing atau juga sering kita dengan Internet marketing adalah satu cara atu metode yang digunakan dalam pemasaran bisnis. Tidak ada bedanya dengan kita jualan di offline, dengan kita nawarin barang langsung. ke pembeli, ke calon buyer. Nah bedanya kalau itu kan kita tawarannya one by one, satu persatu dan kita merasakan yangn namanya ditolak. diusir, dihina dan sebagaimana macamnya yang bikin kita jadi down, lesu, sakit hati dan ya itulah. nah kalau di digital marketing. kita menawarkan barang melalui media digital. ya kita menciptakan yang namanya permintaan. kita menciptakan ketertarikan. sehingga akhirnya orang yang melihat penawaran kita. dia tertarik, dia membeli, dan kita mendapatkan yang namanya profit atau untung.

Sebelu lebuh jauh masuk kedalam cara memasarkan produk atau menjual produk lewat marketing secara digital atau secara online ini. KIta harus punya produk atau bisnis terlebih dahulu, untuk kemudian menyusun strategi pemasaran digital ini, Karena gak mungkin kalau baru-baru kita ingin memasarkan tanpa mempunyai produk terlebih dahulu. kita belum punya sistem, kita belum punya sdm, kita belum punya team yang bagus yang udah solid. yang sudah bisa bekerja sama dengan baik, lalu kita langsung jualnya didunia digital marketing ya. ya ujung-ujungnya akan habis biaya ya.

Lalu bagaimana langkah langkah memasarkan produk dengan Digital Marketing ?


1. Memiliki Produk Yang akan Dijual melalui Digital Marketing

Seperti yang sudah saya bahas diatas, bahwa untuk bisa memasarkan bisnis atau usaha melalui dunia Digital Marketing ini kita harus punya produk terlebih dahulu, baik itu produk fisik maupun produk digital.
Produk fisik yang bisa kita jual melalui online seperti misalnya busana, tas, sepatu, jam tangan, elektronik, gedget, dan lain lain. nah produk produk ini bisa kita jual melalui pemasaran digital atau secara online. Sedangkan produk digital atau non fisik adalah seperti E-book, Software, Tools, Video Panduan, E-Kursus, dan lain lain. Anda bisa membuat sendiri produk digital ini secara mudah dan murah, lalu kita jual di internet secara online. Nah, bagaimana jika kita tidak bisa membuat ke dua macam produk tersebut ? Sangat banyak produk reseller yang bisa kita jual, kita bisa mencari di internet atau di Marketplace, seperti Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia dan lain lain. Sedangkan produk non fisik anda bisa bergabung di ratakan.com untuk menjadi penjual produk digital milik orang lain secara gratis.

2. Mulai Pasarkan Melalui Digital Marketing

Bagaimana sih Caranya ? Ini dia langkah langkahnya :

Sebenarnya 2 macam cara yang bisa digunakan dalam memasarkan produk atau bisnis dengan metode digital marketing ini, yaitu cara gratisan dan cara berbayar.

A. Cara memasarkan Produk Dengan Cara Gratisan
1. Media Sosial
Sekarang zamannya sosial media, seperti Facebook, Twitter, IG, Linkedin, WhatsApp, Email dan lain lain. Zaman sekarang siap sih yang gak punya akun media sosial, sebut saja Facebook mungkin mulai dari anak kelas 6 SD sampai emak emak punya yang namanya akun Facebook. nah dengan facebook inilah kita bisa memasarkan produk kita secara gratis, asal jangan keseringan yah, nanti di semprot Facebook. Cara lain menjual produk di facebook adalah dengan membuat Group khusus, yang nantinya kita bisa mengundang teman teman kita ke Group yang kita buat, misalnya kita bikin Group " Baju Muslimah ". Selanjutnya kita undang tuh teman teman kita yang sudah jadi teman di Facebook, jika berhasil mengumpulkan anggota sudah ratusan ribu, maka itulah peluang yang bisa kita manfaatkan untuk jualan produk kita. Semakin banyak teman yang ada di Group maka semakin besar peluang kita untuk membeli produk kita.
Begitu pula cara memasarkan produk dengan Digital marketing di media sosial lainnya, buat polanya seperti Facebook tadi.

Artikel Lainya : Cara Berpromosi Di facebook Ads

2. Google

Cara gratisan lainya adalah dengan tekhnik SEO atau disebut juga dengan Search Engine Optimation, yaitu mengoptimasi mesin pencari google. Lho kok bisa, iayh sebab semua orang pasti kalau mencari sesuatu, baik produk atau lainnya, pasti mencari di mesin pencari, yang saat ini, Google lah yang paling banyak di jadikan atau pencarian oleh oarng orang. Selain youtube. Misalnya seseorang mencari baju muslim, maka tinggal mencari dikotak pencarian google dengan mengetikan " Toko baju Muslim ". Maka Google akan merekomendasikan toko toko baju, yang kualitas SEO nya sangat bagus menurut Google.
Jika sobat ingin menggunakan metode ini, maka sobat harus membuat website terlebih dahulu, bisa membuat website atau blog gratisan, yang bisa kita gunakan sebagai mendisplay produk kita. dan kita bisa membuat blog secara gratisan ini dengan Flatform blogger.com atau di Wordpres.com.

Baca Juga : Bagaimana Cara Berpromosi dengan Tekhnik SEO

3. YouTube

Begitupun dengan Youtube, kita tahu youtube adalah tempatnya video video, baik video musik, video lucu, video tutorial dan lain lain, tetapi youtube juga bisa kita gunakan sebagai media marketing untuk jualan produk. Caranya buatlah video promosi yang menarik, atau anda bisa mereview produk ( Unboxing ), lalu sertakan link produk di bagian deskripsi video tersebut. Anda bisa belajar youtube marketing di kerjayoutube, disini anda akan dibantu  membuat video promosiprodukj atau jasa  anda.

Artikel Terkait ; Cara PALING MUDAH Promosi Produk di Youtube Tanpa Biaya Iklan Dan TERBUKTI MENGHASILKAN

4. Jualan Di Marketplace

Gratis..!! Kiat jualan di Marketplace manapun, seperti Bukalapak, OLx, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain lain. Yang pertama kita buat akun dahulu di Marketplace tersebut, buat toko, upload produk yang kita jual. Ini adalah salah satu cara memasarkan produk melalui Digital marketing. Usahakan sobat punya atau buat akun di semua Marketplace di, agar kesempatan mendapatkan pembeli semakin banyak. Bahkan sekarang ini sudah banyak para pebisnis baik sebagai suplayer, eceran, dan para dropshiper yang memaanfaatkan marketplace ini.

Anda bisa menjadi Dropshiper marketplace tanpa punya produks sendiri, dan cara upload produk yang cepat atau otomstis, bisa ratusan produk sekali klik, tanpa cape upload satu persatu. Dengan menggunakan tools upload masal produk. Disini juga sobat akan diberikaan tutorial cara mencari suplayer, cara mencari produk yang paling laris hingga cara upload masal produk tersebut ke marketplace. Jika ingin mencoba Tools upload masal produk ke marketplace ini, anda bisa lihat detail Toolsnya di SINI.

Artikel Terkait : tool X-sun.net-Tool Para Dropshiper Upload Masal Marketplace.

B. Cara Memasarkan Produk Dengan Cara Berbayar Alias Beriklan
Nah yang ke dua ini adalah cara memasarkan produk melalui digital marketing dengan cara berbayar untuk beriklan. Ada beberapa media yang bisa digunakan oleh kita promosi dengan cara berbayar ini, seperti Facebook Ads, Google Ads, IG Ads, dan lain lain.

Contoh Perusahaan Yang Menggunakan Digital Marketing


Sudah banyak perusahaan perusahaan yang sudah menggunakan digital marketing ini, karena mereka tidak ingin ketinggalan ketinggalan dengan perusahaan lain. Karena sekarang zamanya tekhnologi yang semakin berkembang. Kita bisa lihat seperti Alfamret dan Indomaret juga sudak menggunakan yang namanya digital marketing.

Tujuan Pemasaran Lewat Digital Marketing


Tentu tujuan semua orang menggunakan digital marketing ini adalah, untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas, efisien dan efektif. Karena dengan menggunakan metode ini, seseorang bisa memasarkan produk atau jasanya, bukan hanya di dalam negeri, tetapi bisa menjangkau konsumen hingga ke luar negeri.

Nah itulah pembahasan tentang cara menerapkan digital marketing ke dalam bisnis yang anda jalankan ini, semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang ingin mengembangkan bisnisnya, semakin luas lagi dengan menggunakan metode ini.

Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.