Header Ads

SANGGARBisnisOnline.Com

Apa Yang Dimaksud Dengan Blogging ?








Apa Itu Blog? Pengertian dan Sejarah Blog




Anda pasti sudah sering mendengar tentang blog. Namun, jika Anda mengajukan pertanyaan, seperti 'apa itu blog', hanya segelintir orang yang dapat menjawabnya dengan benar dan benar. Pada artikel ini kita akan membahas informasi tentang blog, termasuk siapa saja yang dapat disebut blogger, mengapa Anda harus membuat blog, berbagai blog dan situs web, dll.




Apa itu blog?




Weblog atau blog adalah situs web atau buku harian online yang berisi beragam informasi dan menunjukkan publikasi terbaru di bagian atas halaman. Konten atau posting blog diperbarui secara berkala dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil pengguna. Meskipun diatur oleh banyak pengguna, misalnya, pemikiran dan pendapat tertulis masih fokus pada satu topik. Ini adalah definisi dan definisi dari blog secara umum. Namun, akhir-akhir ini perbedaan antara blog dan situs web telah kabur.




Baca Juga : Belajara Ngeblog Dari Nol Untuk Pemula




Kegunaan dan fungsi blog.





Ada banyak alasan mengapa orang atau perusahaan menggunakan blog. Misalnya, dia suka punya anjing dan ingin berbagi hobi dan cerita dengan audiens internet. Atau Anda sedang mempelajari efek dari kurang tidur dan ingin menuliskan hasil dan kesimpulan yang ditemukan. Atau mungkin Anda adalah orang bisnis dan ingin menawarkan produk yang Anda miliki dengan menulisnya di blog untuk meningkatkan kesadaran audiens yang lebih luas. Selain alasan untuk membuat blog, ada juga yang bertanya apakah benar kita bisa mendapatkan penghasilan dengan blogging online. Seperti halnya situs web atau majalah, blog juga memiliki struktur yang tidak kaku. Ini karena blog menawarkan berbagai desain dan bentuk, terutama dengan pembaruan berkala. Namun, ada fitur standar dan terstruktur yang akan Anda perhatikan ketika membuka dan membaca blog.




Struktur Blog





Struktur blog terdiri dari pos yang memiliki menu dan / atau bilah navigasi. Bagian konten utama menunjukkan posting atau sorotan terbaru dari blog. Ada juga sidebar yang mengangkat profil jejaring sosial penulis dan publikasi paling populer. Akhirnya, footer berisi informasi, seperti kebijakan privasi, penafian dan informasi kontak. Setiap aspek struktur memainkan peran yang sangat penting dalam memfasilitasi pengunjung situs untuk menelusuri dan mencari konten.




Apa itu blogging?




Blogging adalah aktivitas menulis dan mengelola blog menggunakan alat digital yang tersedia di Internet sehingga blogger dapat dengan mudah menulis, berbagi, dan menautkan konten. Kegiatan blogging dimulai pada awal 2000-an, di mana beberapa blog berbau konten politik. Beberapa saat kemudian, sebuah blog dengan tema dan tutorial muncul. Blog berbeda dari kegiatan jurnalistik. Bahkan garis-garis yang memisahkan kedua kegiatan tersebut menjadi semakin jelas belakangan ini.




Dari kemunculannya sampai sekarang, blog sangat populer. Satu-satunya pertanyaan adalah mengapa blog bisa sangat terkenal? Awalnya, blog adalah platform konvensional untuk berita dan informasi. Seperti halnya surat kabar yang muncul sebelum kehadiran blog, meskipun tingkat kenyamanan yang ditawarkan berbeda, blog berkembang relatif lebih cepat. Pembaruan informasi terus berlanjut dan blogger dapat mengikuti blog yang sesuai dengan minat dan hobi mereka dengan dua dari banyak alasan mengapa orang blog. Bahkan keberadaan blog membuat pembaca lebih mudah untuk mengikuti informasi, daripada harus membaca koran. Blog "Awakening" memberikan peluang bagi orang yang ingin membuat sesuatu yang baru. Pikirkan blog sebagai koran yang ingin Anda tunjukkan kepada teman-teman Anda.




Siapa itu blogger?





Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, berbagi pandangan dan perspektif mereka dengan audiens online, baik untuk keperluan pribadi maupun komersial. Topik yang dibahas beragam, dari seni hingga politik. Saat ini ada banyak blogger terkenal dan mereka menjadi 'selebriti' di dunia online dan offline.




Beberapa orang menjadikan blogging sebagai profesi paralel, yang lain melihatnya sebagai karier utama mereka, sementara yang lain hanya menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai cara mengekspresikan pendapat mereka.




Menjadi blogger adalah profesi yang menyenangkan, meskipun tidak mudah. Anda tidak harus tinggal di satu tempat jika Anda ingin menulis konten. Bahkan ada blogger yang mengisi perjalanan konten mereka, tetapi, tentu saja, ini tergantung pada jenis blog yang dibuat. Karena Internet dapat dengan mudah diakses dari mana saja, itu adalah saat siapa pun dapat menjadi blogger.




Kami telah membahas secara singkat kapan blog pertama kali muncul. Sekarang kami akan menjelaskan evolusi dan sejarah blog.




Blog dan riwayat blog




Berbicara tentang sejarah blog tidak dapat dipisahkan dari istilah weblog. 'Weblog' adalah istilah yang diciptakan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Beberapa tahun kemudian, penyebutan 'blog' semakin banyak terdengar. Konsepnya sendiri sudah lebih dari dua dekade, yang dalam ukuran Internet dapat dianggap jutaan tahun. Blog mulai muncul pada awal milenium kedua. Blog dan contoh blog memiliki dampak signifikan terlihat pada tahun 2002, tahun yang penting dalam sejarah blog. Karena blog masih baru, penampilan mereka telah menimbulkan kontroversi.




Pada saat itu, nasib buruk menimpa Heather B. Armstrong dan blog dooce.com-nya. Dia dipecat dari pekerjaan sehari-hari karena dia ditemukan menulis tentang rekan-rekannya di blog pribadinya. Kasus ini menyebabkan kegemparan di komunitas blogging dalam hal privasi internet. Sekarang Heather menjadikan dooce.com sebagai sumber penghasilan utamanya. Setidaknya pada akhirnya semuanya baik-baik saja.




Tahun berikutnya WordPress muncul, menawarkan semua kenyamanan bagi orang yang tertarik untuk membuat blog. Situs blog kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian "penghuni Internet." Pemilik situs blog, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, membuat blog mereka 'mesin untuk menghasilkan uang' karena mereka bekerja dengan pihak ketiga (dalam hal periklanan). Kedua situs blog ini bahkan berfungsi sebagai contoh bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dari blogging.




Berbicara soal sejarah blog tidak bisa lepas dari istilah weblog. ‘Weblog’ merupakan istilah yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Beberapa tahun kemudian, penyebutan ‘blog’ semakin santer terdengar. Konsepnya sendiri ternyata sudah berumur lebih dari dua dekade, yang kalau dalam ukuran internet bisa dianggap jutaan tahun. Blogging mulai muncul di permukaan pada awal milenia kedua. Contoh blog dan blogging memberi dampak yang cukup signifikan terlihat pada tahun 2002, tahun yang penting dalam sejarah blog. Karena blog masih baru, kemunculannya memunculkan kontroversi.




Saat itu ketidakberuntungan menimpa Heather B. Armstrong dan blognya dooce.com. Ia dipecat dari pekerjaan sehari-harinya karena kedapatan menulis tentang rekan-rekannya di blog pribadinya. Kasus ini menimbulkan kegemparan di komunitas blog dalam hal privasi di internet. Kini Heather menjadikan dooce.com sebagai sumber utama penghasilannya. Setidaknya pada akhirnya semua baik-baik saja.




Tahun berikutnya WordPress muncul, menawarkan segala kemudahan bagi orang-orang yang tertarik untuk membuat blog. Website blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian ‘warga internet’. Pemilik situs blog, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blognya sebagai ‘mesin pencetak uang’ karena bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam hal beriklan). Dua situs blog ini bahkan menjadi contoh bagaimana Anda pun bisa memperoleh penghasilan dengan blogging. Hal lain yang tidak bisa lepas dari ingatan mengenai sejarah blog adalah ketika Google akhirnya membeli blogger.com. Lalu, apa perbedaan blog dan website?




Baca Juga : Cara Istan Membuat Blog Dengan Ratusan Produk Siap Jual




Perbedaan Blog dan Website




Banyak orang menganggap bahwa blog dan situs web adalah hal yang hampir sama. Selain itu, banyak perusahaan secara bersamaan menggunakan blog dan situs web, membuat perbedaan antara kedua format ini cukup membingungkan. Meskipun tampaknya sulit untuk membedakan antara kedua platform, pada kenyataannya ada beberapa poin khusus yang membedakan blog dan situs web.




Seperti yang telah kami sebutkan, blog memiliki konten yang perlu terus diperbarui dan dikelola. Selain itu, Anda harus menggunakan desain yang menarik untuk menarik perhatian publik dan memaksimalkan manfaat yang dimilikinya. Contohnya adalah mengaktifkan kolom komentar sehingga pengunjung ke situs dapat menulis pemikiran atau kritik mereka. Situs web, di sisi lain, cenderung "statis" - belum tentu diperbarui. Ketika Anda memasukkan blog, Anda akan melihat bahwa konten selalu baru. Ini berbeda ketika Anda mengunjungi situs web, Anda akan melihat bahwa hampir semuanya sama dan tidak ada perubahan.




Selain terus memperbarui konten, ada cara lain untuk melihat perbedaan antara blog dan situs web. Blog memiliki tanggal publikasi, referensi penulis, kategori dan tag dalam tanda tangan. Meskipun tidak semua blog menyertakan elemen ini, situs web tidak memilikinya sama sekali. Apakah Anda sekarang tahu perbedaan antara blog dan situs web?




Perbedaan antara posting blog dan halaman situs web
Jadi bagaimana dengan posting blog dan halaman web? Kami telah menyebutkan kata "statis" mengacu pada definisi situs. Kata ini juga berlaku untuk halaman web. Artikel blog ditulis sesuai dengan urutan artikel terbaru hingga artikel terlama. Secara default, halaman rumah utama adalah halaman posting blog dan memungkinkan Anda untuk melihat publikasi yang paling baru diterbitkan. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih bersih di mana semuanya diatur dengan baik dan dapat diakses melalui bilah navigasi atau fitur serupa, Anda harus menggunakan halaman statis atau yang biasa disebut sebagai halaman web.




Contoh paling populer adalah toko online. Anda ingin membuat halaman web yang berisi semua informasi penting dan relevan, sambil menawarkan kemungkinan untuk mencari item yang diinginkan satu per satu. Metode ini tidak dapat diterapkan pada posting blog, karena semua artikel yang diposting akan "ditimpa" oleh artikel baru. Pengunjung ke situs juga mengalami kesulitan jika Anda ingin menemukan barang yang diperlukan. Dengan kekurangan seperti itu, Anda pasti akan bertanya-tanya: "Jadi, mengapa orang membuat blog?




Baca Juga : Bagaimana Cara Mudah Memiliki Blogspot Dengan Produk Yang Siap Jual




Mengapa orang membuat blog?





Pada awalnya, blog menjadi forum di mana pengguna dapat mengekspresikan pendapat atau perasaan pribadi mereka. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi blog berkembang dan mencapai berbagai cabang. Banyak perusahaan mulai menggunakan blog untuk memberikan informasi terbaru kepada pelanggan mereka. Semakin banyak orang yang mengakses situs web Anda, semakin baik kesadaran merek dan tingkat kepercayaan pada perusahaan.




Interaksi adalah salah satu hal utama yang mempengaruhi kesuksesan sebuah blog. Jika orang dapat berinteraksi dengan perusahaan dan merek yang dibuat, umpan baliknya akan positif. Selain itu, banyak orang juga mulai melihat blog sebagai sumber penghasilan paruh waktu dan penuh waktu. Cukup tulis opini atau pemikiran tentang suatu topik di blog, lalu dapatkan uang. Siapa yang tidak suka konsep ini?




Cara paling efektif untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan memanfaatkan layanan iklan yang ditawarkan oleh pihak ketiga. Tampilkan iklan pihak ketiga (biasanya dalam bentuk spanduk) yang dapat dilihat oleh pengunjung blog. Jika pengunjung mengklik iklan, Anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup bagus. Tetapi jika Anda sudah memiliki bisnis sendiri, menampilkan informasi tentang produk yang ditawarkan lebih dari cukup.




Apakah blogger menghasilkan uang dengan blog yang dikelola?
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, jawabannya adalah ya, blogger mendapatkan uang dari blog mereka. Menurut informasi yang diadaptasi dari Forbes, 10 situs blogging teratas dapat menghasilkan pendapatan dari $ 175.000 hingga $ 14.000.000 per bulan. Jumlah yang fantastis, bukan? Tentu saja, blog membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun merek dan citra, bahkan mempekerjakan beberapa profesional di bidangnya. Jangan berkecil hati jika blog Anda saat ini tidak sebesar sepuluh blog yang disebutkan. Dengan ketekunan dan ketekunan, Anda pasti bisa mendapatkan penghasilan dari blog Anda sendiri.




Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Profesional Dengan Blogspot




Blogging bukan hanya hobi, tetapi juga cara hidup dan bahkan karier utama. Tampaknya akan sangat sulit membayangkan bagaimana hidup tanpa blog karena dari blog kita dapat belajar dan mengetahui banyak hal menarik dari cerita, cerita dan kehidupan sehari-hari orang lain.




Begitu pula ketika Anda menjalankan bisnis atau perusahaan. Untuk meningkatkan kesadaran dan kepercayaan pelanggan, cara terbaik adalah membuat blog yang kuat yang berisi berbagai informasi penting.




Semoga melalui artikel ini, Anda bisa belajar banyak tentang apa itu blog, fungsi dan kegunaan blog, serta sejarah blog dan perbedaan antara blog dan situs web. Tulis opini atau pemikiran Anda di kolom komentar di bawah.




Baca Juga : Template landing Page Builder Blogspot

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.