Cara Agar Anak Bisa Bermain Sambil Belajar Dengan FLASHCARD

Info - Bagaimana caranya agar anak bisa bermain sambil belajar. Proses belajar bagi anak-anak menjadi menyenangkan ketika dibarengi dengan permainan. Sebab, sebenarnya dunianya anak-anak adalah dunia bermain.


Dengan belajar sambil bermain, anak-anak akan merasa tidak terbebani dengan pelajaran-pelajaran yang mungkin masih cukup sulit untuk dipelajari.

Sebaliknya, jika pendidikan tentang anak-anak tidak dilakukan sesegera mungkin, ini dapat menyebabkan serangkaian gangguan di usia berikutnya. Misalnya, emosi yang tidak terkendali atau tidak teratur, kurang bertanggung jawab, menjadi pemalu atau takut, tidak ingin mencoba hal-hal baru, mental yang lebih lambat daripada anak-anak yang menerima pendidikan awal, sulit bersosialisasi dengan teman sebaya mereka dan banyak lagi.

Nah, demi generasi pintar berikutnya, biarkan lawan yang malas dan ajak anak-anak untuk bermain sambil belajar.
Sekarang ada beberapa cara untuk melatih anak-anak yang paling cerdas dan aktif dalam setiap kegiatan, tentu saja, melalui pendidikan yang dapat dilakukan di luar sekolah, terutama di lingkungan keluarga dan permainan anak-anak.

Nah berikut ini adalah cara yang bisa di lakukan oleh orang tua : 

1. Mengajak Belajar Langsung Ke Anak 

Ada banyak cara untuk memilih, misalnya, memperkenalkan warna, bentuk, memperkenalkan anggota tubuh, menghitung mainan kecil, menggambar dan mewarnai dengan krayon, bermain adonan bermain, membaca buku cerita bersama, bermain balok dan teka-teki, dan menyanyikan lagu anak-anak.

2. Membatasi Bermain Gadget

Saat ini, banyak anak menggunakan teknologi dengan lancar, seperti ponsel, bulu mata, dan komputer. Orang tua tidak perlu terlalu khawatir tentang dampak yang dapat terjadi, selama mereka berusaha menyaring setiap situs atau aplikasi web dengan bijak, dan memberikan batas waktu bermain untuk anak-anak.

3. Menggunakan Aplikasi Yang Ramah Anak 

Sebagai orang tua, kami dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan di perangkat, misalnya, dengan mengunduh aplikasi dengan elemen pendidikan. Ada aplikasi permainan Youtube Kids, yang menggunakan strategi seperti maincraft, baby bus, video lagu untuk anak-anak dan masih banyak aplikasi yang manfaatnya sangat baik untuk anak-anak.

4. Menyuruh Bermain Main Tradisional

Sementara di lingkungan permainan, Anda dapat melakukan banyak hal dengan teman-teman Anda, seperti bermain sepak bola yang dapat membentuk karakteristik anak-anak yang solid dan mau bekerja sama, bermain petak umpet yang dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri seorang anak, atau berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan keluarga.

5. Mengikuti Kompetisi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia

Kompetisi berikut ini juga direkomendasikan, seperti layanan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus. Secara umum, anak-anak suka berpartisipasi dalam parade yang menghiasi sepeda, panjat pinang, kompetisi makan biskuit atau kompetisi balap tas, yang dapat meningkatkan perasaan kompetitif pada anak-anak.

6. Mengikuti Kegiatan Extrakulikuler Di Sekolah

Di Sekolah biasanya suka mengadakan kegiatan Extrakulikuler, walaupun tidak semua sekolah. Nah kegiatan tersebut sangat positif untuk dilakukan oleh anak anak kita, agar si anak tidak punya waktu untuk melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.
Adapun kegiatan Extrakulikuler tersebut seperti halnya, Olahraga, Pentas Seni, Thfidz Al 'Qur'an, Belajar Pidato, dan lain lain.

7. Mengikuti Les / Privat Pelajaran

Dengan mengikuti Les, si anak akan lebih maksimal dalam memahami mata pelajaranya. Les biasanya , Les Bahasa Inggris, Matematik, Komputer dan lain lain.

8. Bermain Sambil Belajar

Nah, salah satu media yang bisa Anda gunakan agar anak-anak yang Anda cintai Mudah dan Cepat dalam belajar adalah dengan FLASHCARD.



Dengan media ini, anak Anda akan lebih mudah menerima pelajaran, seperti pelajaran menghafal, mengenal nama benda, menghafal huruf hijaiyah, dan semisalnya.

Lalu, Apa Itu Flashcard? Sepeti Apa Contoh-Contohnya? Dan Bagaimana Cara Memakainya?

                                SELENGKAPNYA BACA DISINI

Tentu saja kesemua kegiatan diatas itu juga, jangan lupa tentang pendidikan informal di sekolah. Pendidikan ini akan meningkatkan pendidikan di luar sekolah.

Dengan pendidikan formal dan informal yang tepat, ini dapat memperkuat kesehatan mental, fisik dan disiplin, memperkenalkan tanggung jawab, menciptakan jaringan semangat sosial dan persahabatan, mengembangkan sikap dan kepribadian profesional.
Pendidikan merupakan komponen penting bagi anak-anak, tetapi ada banyak cara menarik lainnya, yaitu, bermain sambil belajar. Gaya ini tentunya dapat diwujudkan di luar pendidikan formal (taman kanak-kanak), yaitu dalam keluarga, lingkungan bermain dan melalui teknologi.

Menurut Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah syarat dalam kehidupan ketika anak-anak tumbuh dewasa. Pendidikan memandu semua kekuatan alami anak-anak, sehingga mereka, sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat, dapat mencapai keamanan dan kebahagiaan tertinggi.

Singkatnya, ini berarti bahwa pendidikan adalah hal yang sangat mendasar bagi manusia, karena dalam pendidikan, ada pengetahuan yang bisa menjadi bekal untuk setiap tugas dan pekerjaan yang akan dilakukan nantinya. Hal yang sama berlaku untuk pendidikan untuk anak usia dini, yang memiliki efek mendalam pada proses belajar mereka pada saat mereka tumbuh dan berkembang.

Demikianlah artikel mengenai Cara agar anak bisa bermain sambil belajar, agar anak kita bisa terhindar dari hal hal yang positif. Terus terang admin juga saat ini sangat sukar sekali menyuruh anak anak untuk belajar, karena memang pengaruh dari Tekhnologi dan Internet yang semakin berkembang.
Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua, dan salam sukses selalu. Amin..!!!

Wassalamualaikum warohmatullohi Wabbarokatuh..

LihatTutupKomentar