6 Cara Mencari Suplayer Produk Toko Online

6 langkah Cara menemukan penyedia produk untuk toko online Anda, agar bisnis Anda bekerja lebih baik, penting bagi Anda untuk berpartisipasi dalam pencarian penyedia langsung untuk ide produk Anda. Ini adalah ide bisnis paling populer saat ini.


Pencarian untuk pemasok langsung akan memengaruhi kemampuan Anda untuk bersaing dengan harga, mengirimkan produk tepat waktu, memenuhi permintaan pelanggan dan, pada akhirnya, menentukan margin keuntungan Anda.

Berikut 6 langkah untuk menemukan penyedia langsung produk toko online

Bagaimana mencari pemasok Produk 

Mengapa penting memilih produk untuk dijual kembali secara online?
Toko online Anda adalah tempat di mana Anda harus menjaga yang terbaik dan profesional. Saat menjual produk secara online, hal itu tentu mempengaruhi jenis produk yang Anda jual.

Itu berarti bahwa tanpa lini produk yang solid, perusahaan Anda menghadapi pertempuran yang sulit sebelum dimulai.

Memang benar bahwa menentukan produk mana yang akan dijual bisa sangat sulit karena ada jutaan pilihan untuk dipilih.

Tidak hanya itu, Anda harus memastikan bahwa ada pasar untuk produk Anda dan bahwa Anda benar-benar dapat memproduksinya dalam penjualan Anda.

Selain itu, produk yang Anda jual adalah faktor penting dalam membentuk detail lain yang memengaruhi bisnis online Anda.

Misalnya, jika Anda menjual minuman beralkohol, batasan hukum apa yang Anda hadapi? Apakah ada pajak tambahan yang harus dibayar?

Produk yang Anda jual online memiliki dampak langsung pada aspek berikut dari toko online Anda:

Merek dan desain: merek Anda harus memperkuat lini produk, jadi pastikan mereka kompatibel dengan apa yang dijual.
Pemasaran: strategi dan anggaran pemasaran Anda tergantung pada target audiens. Ini, pada gilirannya, akan sepenuhnya ditentukan oleh penawaran produk Anda.
Mencari tahu apa yang harus dijual online harus menjadi proses utama Anda. Karena itu, melakukan studi pasar sangat penting.

Luangkan waktu Anda untuk memikirkan hal ini sebelum mencoba mencari produsen atau pemasok dalam kiat tentang cara menemukan penyedia langsung.

Langkah 1: Tentukan kebutuhan Anda

Menentukan kebutuhan Anda adalah titik awal. Karena itu, Anda dapat menggunakan istilah yang benar dalam pencarian Anda dan menemukan apa yang Anda cari dengan lebih mudah.

Ada tiga opsi umum: produsen, pemasok, dan dropshipper.

Pabrikan
Ini adalah orang atau perusahaan yang disewa untuk menghasilkan ide produk mereka. Ini adalah opsi yang sukses dan sangat baik bagi mereka yang memiliki ide orisinal yang belum dikomersialkan.

Penyedia
Pemasok biasa juga disebut produsen, grosir atau distributor. Ini sangat ideal bagi mereka yang ingin menjual produk yang sudah ada.

Seringkali, hubungan dengan pemasok ditentukan oleh profil bisnis mereka. Biaya pengiriman perusahaan Anda dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap harga.

Dropshipper
Jika Anda tidak memiliki cara untuk menyimpan produk yang Anda jual, atau tidak ingin bekerja secara langsung dengan produsen untuk mendapatkan persediaan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan dropshipper.

Anda menerima pesanan pembelian dan mengirimkannya ke dropshipper. Ini, pada gilirannya, mengirimkan barang yang dijual kepada pelanggan. Dropship telah menjadi praktik umum di antara penjualan produk di toko online berkat fasilitasnya.

Langkah 2: Nasional atau impor?

Setelah menentukan apa kebutuhan Anda, langkah selanjutnya adalah memutuskan apakah produk Anda akan memasuki negara atau diimpor.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhitungkan sebelum membuat keputusan.

Keunggulan produk dan pemasok nasional.
Kualitas produk karena standar kerja yang tinggi.
Komunikasi yang disederhanakan dalam bahasa yang sama.
Kemudahan memeriksa reputasi penyedia.
Pengiriman lebih cepat
Keamanan pembayaran dan kekayaan intelektual yang lebih baik.
Kurangnya produk dan pemasok nasional.
Biaya produksi lebih tinggi.
Kurang ragam produk.

Langkah 3: Mulai pencarian

Setelah menentukan kebutuhan Anda, timbang kelebihan dan kekurangan pilihan Anda. Langkah ketiga adalah meluncurkan pencarian yang efektif dengan produsen atau pemasok.

Untuk mencari pemasok, Anda dapat mencari dengan direktori nasional seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau direktori internasional seperti Alibaba dan Aliexpress.

Mesin pencari tidak berguna untuk menemukan produsen atau pemasok. Bahkan jika Anda memfilter hasil dan melihat semua halaman, Anda tidak akan menemukan mitra bisnis.

Langkah 4: Kontak

Setelah Anda menemukan produsen atau pemasok, Anda harus menghubungi mereka dengan benar. E-mail Anda harus jelas dan ringkas, dengan mempertimbangkan 5 elemen: jumlah pesanan minimum, harga per sampel, harga produksi, waktu pengiriman dan ketentuan pembayaran.

Langkah 5: Bernegosiasi

Adalah umum bagi produsen atau pemasok untuk meminta Anda membeli sesedikit mungkin produk pada pesanan pertama Anda. Sia-sia jika Anda memiliki sedikit sumber daya atau ingin membelinya.

Sebaliknya, pembelian yang lebih besar hampir selalu bisa dinegosiasikan dalam harga dan unit. Cobalah untuk memahami motivasi di balik kurangnya permintaan.

Dengan cara ini, Anda dapat bernegosiasi lebih baik dan menawarkan penawaran yang layak.

Langkah 6: Untuk menemukan produsen atau pemasok untuk ide produk Anda - menjalin kemitraan

Butuh kesabaran untuk menemukan produsen. Bagi sebagian besar penyewa, ini adalah pengalaman baru dan mudah frustrasi menghadapi kesulitan.

Produk yang Anda pilih untuk dijual secara online adalah dasar dari operasi online Anda. Setiap keputusan bisnis yang Anda buat, termasuk desain situs web, komunikasi pemasaran, dan biaya pengoperasian, sangat dipengaruhi oleh lini produk Anda.

Kesimpulan : 

Kiat tentang cara menemukan pemasok adalah bagian penting dari toko online Anda. tetapi tidak kalah penting untuk menemukan produsen atau pemasok untuk ide produk Anda, terutama pada tahap pelatihan toko online Anda.

Walaupun ini terdengar sangat mudah, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih pemasok berdasarkan kualitas produk. Luangkan waktu untuk duduk dan berpikir secara strategis tentang apa yang Anda jual.

Ini benar-benar dapat membuat perbedaan antara perusahaan yang bangkrut dan bisnis yang menguntungkan.

Begitulah 6 cara mencari suplayer produk untuk kebutuhen toko online, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang ingin mencoba menjalankan bisnis toko onlinenya. Semoga sukses dan sampai jumpa lagi.

Artikel lainya : Peluang Bisnis Dropship Yang Menguntungkan Dengan Modal kecil

  
LihatTutupKomentar