Header Ads

SANGGARBisnisOnline.Com

Apa Yang Di Maksud Dengan Bisnis

Apa Yang Di Maksud Dengan Bisnis - Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan orang untuk mendapatkan suatu keuntungan atau penghasilan. Sedangkan Ekonomi itu sendiri adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan atau sekumpulan orang dari modal yang sekecil kecilnya, untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar - besarnya.


Pada Umumnya Bisnis Ini Dikelompokan Menjadi 2 Macam :


1. Bisnis Konvensional

Bisnis Konvensional adalah suatu kegiatan bisnis atau usaha yang dilakukan secara langsung tampak atau kelihatan oleh mata. Seperti toko, bengkel, warung, dan lain lain.

2. Bisnis Online 

Bisnis Online adalah suatu bisnis atau usaha yang dilakukan secara online melalui perangkat internet, seperti misalnya online shop, Internet marketer, Dropshiper, Affiliate Marketing dan lain lain.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis ?

Cara memulai bisnis adalah ketika kita sudah menemukan pilihan yang tepat untuk di jadikan bisnis atau usaha. Atau jika sobat belum menemukan ide bisnis, cobalah pergi jalan jalan dan lihat dah di pinggir pinggir jalan raya yang pasti ada salah satu yang cocok untuk dijadikan bisnis anda. 
Dari sekian banyak bisnis bisnis yang berderet di pingir jalan, pilihlah bisnis yang sekiranya sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki. Baik dari segi pengelolaan maupun dari segi biaya. 

Contohnya sobat memilih usaha bengkel sepeda motor, apakah sobat punya keahlian untuk membukan bisnis bengkel tersebut ? Jika belum punya keahlian dalam hal perbengkelan, namun sobat memilih bisnis tersebut, maka yang harus sobat lakukan adalah mencari atau ikut pelatihan / kursus kursus di bidang tersebut.

Inilah Tip's Dalam Memulai Bisnis : 

1. Harus memiliki Passion 

Apa itu Passion ? Passion adalah jika kita melakukan sesuatu yang bisa menimbulkan kesukaan. Nah jika sobat memilih bisnis bengkel misalnya, sehingga timbul rasa senang atau suka dengan pekerjaan tersebut. 
Kenapa kita harus punnya Passion, sebab jika suatu bisnis yang dipilih berdasarkan passion itu, potensi utnuk sukses nya besar. Lain halnya jika kita memulai bisnis atau usaha yang bukan passion kita, tetapi lebih melihat keuntungan yang besar, itu kemungkinan gagalnya mencapai 70%. 

Suatu bisnis itu pasti ada yang namanya resiko, bisnis apapun itu, nah itulah yang akan dihadapi para pebisnis pemula. Jika menemukan resiko didalam perjalanan bisnisnya, lalau itu bukan Passion kita maka dipastikan akan gagal. 
Lain halnya dengan bisnis yang berdasarkan Passion, jika ada kendala atau resiko, maka kita akan mencari penyebab dari sebuah resiko tersebut. 
" Orang sukses bukanlah yang tanpa resiko, tetapi orang yang berani mengatasi resiko "

2. Memiliki Keahlian

Seperti yang sudah sya sampaikan diatas tadi bahwa sebelum memulai bisnis, maka haus mempunya suatu keahlian. Keahlian tersebut bisa kita cari di berbagai kursus kursus atau sekolah. Misalnya keahlian yang harus kita miliki jika ingin bisnis bengkel adalah keahlian sebagai Mekanik Mesin Sepeda Motor. Atau sobat bisa mencari di berbagai media sosial yang tersebar terutama Youtube, bisa kita cari ilmu tersebut. 

3. Lakukan segera ( ACTION )

Hal yang sulit dalam memulai bisnis ini adalah memulai nya, banyak orang sudah punya ide bahkan sudah punya keahlian, namum belum juga ACTION. Masih banyak pertimbangan, bagaimana yah kalau bengkel ini sepi, bagaimana yah kalau saya tidak bisa, bagaimana kalau rugi, dan lain lain. 
Saya teringat seorang Tokoh pebisnis Indonesia yang nyentrik, nama nya Bob Sadino, beliauseorang pengusaha yang terkenal Di Indonesia, menyarankan kepada kita untuk memulai bisnis, yaitu " Lakukan segera " Jangan terlalu lama memikirkan ini itu, jangan menunggu sempurna, tetapi sempurnakanlah nanti. 


4. Memilih Lokasi yang strategis

Lokasi bisnis juga sangat menentukan dalam sukses tidaknya suatu bisnis, sobat bisa mencari lokasi lokasi atau tempat untuk dijadikan usaha atau bisnis, seperti misalnya di pinggir jalan perempatan, dekat Sekolah atau Kampus, dekat Mall, dan lain lain.

5. Konsisiten

Konsisten atau dengat kata Islaminya adalah Istiqomah artinya bisnis itu harus dijalankan secara konsisiten. Sebab kita harus menjaga pelanggan kita agar tidak lari ke orang lain. Contohnya : Misalnya hari ini buka, besok tutup, maka si pelanggan pun kecewa, dan memilih berpindah ke orang lain. 
Ingat kata pepatah mengatakan " Yang sulit dalama bisnis adalah memulai, tetapi yang lebih sulit adalah mempertahankannya " 

6. Siap dengan segala resiko

 Hampir dipastiak dalam semua bisnis pasti ada yang namanya resiko, akan tetapi resiko ini harus disikapi sebagai hal yang positip dalam berbisnis. Resiko atau kendala itu beragam , misalnya kekurangan tenaga kerja, kurang modal, tempat yang belum layak, dan lain lain. Jika kita ingin menaklukan resiko tersebut, maka carilah solusinya agar bisnis kita semakin maju dan sukses.
Ingat Tuhan menurunkan Resiko untuk menguji mental kita, bukan untuk menghambat tujuan anda.
Dibalik resiko ada hikmah yang bisa kita ambil manfaatnya untuk kemajuan bisnis kita.

7. Berdo'a Dan Beramal

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam memulai bisnis adalah berdo'a dan beramal. Kita tidak bisa mengabaikan prinsif prinsif religius dalam hal apapun termasuk dalam berbisnis. Ini penting sekali bagi kita sebagai umat beragama bahwa Allahlah yang Maha Segalanya. Kita tidak boleh sombong, bahwa diatas langit masih ada langit.

Oke, mungkin itulah artikel saya tentang bisnis ini, semoga ada manfaatnya buat kita semua, terima kasih atas kunjungannya. Dan salama sukses selalu. Amin..!!





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.